Posted in Peradaban

Luruskan Pendidikan Sejarah, Segera !

Sejarah adalah milik kaum yang berkuasa. Kalimat itu menjadi sering terdengar paska kejatuhan orde baru. Memang itulah kenyataannya dan Islam menjadi salah satu korban penetapan sepihak fakta sejarah.

Pelajaran pendidikan sejarah Indonesia di sekolah-sekolah dasar dan menengah saat ini memerlukan pelurusan fakta. Banyak diantara fakta yang diberikan memberikan gambaran sepihak terhadap kejadian serta pelaku-pelakunya. Pembelajaran mengenai Mustapa Kemal Pasha salah satunya. Masih teringat bagaimana kita waktu SMP dia digambarkan sebagai orang yang paling berjasa bagi bangsa turki. Orang yang memerdekakan turki dari tirani kesultanan. Padahal jika dilihat dari sudut pandang Islam, dia adalah agen yahudi, orang yang meruntuhkan kekhalifahan Islam terakhir dan membuat turki menjadi sekuler.

Hal tersebut sangatlah berbahaya. Pengetahuan sejarah yang memerlukan banyak pertimbangan dan sudut pandang hendaknya jangan diberikan terlalu dini. Hal itu bisa menjadikan para siswa di sekolah dasar dan menengah seperti mendapatkan doktrin-doktrin yang harus diterima begitu saja tanpa ada pengkritisan dari mereka. Hal itu memang karena keterbatasan intelektual pada usia mereka.

Perjuangan umat saat ini sedang marak-maraknya. Inilah saat yang paling tepat untuk memberikan pengetahuan yang benar tentang Islam kepada masyarakat khususnya para pelajar. Salah satunya adalah melalui pendidikan formal. Re-arrange kurikulum pendidikan sejarah sekolah dasar dan menengah diperlukan secepatnya saat ini dan membutuhkan keikutsertaan orang yang benar-benar paham tentang perjuangan Islam. Bukan hanya orang-orang sekularis

Wallahu‘alam Bishowab

Author:

Hanya seseorang ... Yang selalu berharap ... Untuk bisa terus memperbaiki diri ... Memperbaiki orang lain ... dan memperbaiki bangsa ini ...

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s