Posted in leadership

Manusia Pemenang, Manusia Berinovasi

Apakah Inovasi itu ?
Inovasi merupakan sebuah penemuan, baik produk materi, sistem, maupun tatacara baru yang berbeda dengan sebelumnya yang mempunyai kelebihan baik dalam manfaat, efisiensi maupun efektifitas. Pantas atau tidaknya suatu hal disebut sebagai sebuah inovasi sangatlah relatif. Kerelatifan ini tergantung pada tempat dimana inovasi ini dilaksanakan dan waktu pelaksanaannya. Jadi inovasi merupakan fungsi waktu dan tempat. Inovasi bisa saja merupakan perbaikan dari penemuan-penemuan yang sudah ada sebelumnya, atau penggabungan dari beberapa penemuan atau bahkan penciptaan hal baru yang belum pernah terbayang. Contoh inovasi yang merupakan perbaikan dari hal-hal sebelumnya adalah sistem ekonomi syariah, sebenarnya sistem ini sudah ada sejak zaman Rasulullah namun pelaksanaannya di Indonesia merupakan suatu inovasi baru yang bisa mengatasi krisis akibat ekonomi konvensional. Contoh dari inovasi yang merupakan penggabungan dari berbagai hal yang sudah ada adalah handphone berkamera yang merupakan integrasi antara fungsi komunikasi dan fungsi multimedia.

Lalu mengapa inovasi sangat penting untuk diterapkan dalam kehidupan bermasyarakat ?
Jika melihat permasalahan bangsa secara global, hal itu tidak bisa dilepaskan dari kurangnya inovasi yang dimiliki oleh masyarakat Indonesia secara umum. Mengapa saya katakan demikian, hal ini berkaitan erat dengan masalah kemandirian bangsa. Bangsa Indonesia saat ini merupakan salah satu bangsa yang masih banyak menggantungkan diri dengan bangsa lain. Hal ini menyebabkan dampak yang cukup besar bagi kemajuan bangsa. Dengan merasa dibutuhkan oleh bangsa Indonesia, bangsa lain akan dengan mudah mengintervensi bangsa Indonesia termasuk intervensi terhadap kebijakan-kebijakan negara. Contoh konkretnya adalah nilai rupiah yang sangat rendah dibandingkan dengan dolar amerika, hal ini disebabkan salah satunya adalah karena Indonesia masih menggantungkan kebutuhannya kepada produk-produk amerika sedangkan prosedur pembelian produknya harus menggunakan dollar amerika sebagai alat pembayarannya, dampaknya adalah Indonesia akan dengan rela mengeluarkan rupiah berapa pun jumlahnya untuk ditukarkan dengan dolar amerika. Hal ini berbeda dengan Turki yang memiliki inovasi jauh lebih bagus dibandingkan dengan Indonesia. Pada saat ekonominya limbung, turki memutuskan untuk menciptakan mata uang baru yaitu new lira menggantikan mata uang lira sebelumnya. Mata uang ini memiliki nilai yang jauh lebih kecil dibandingkan dengan nilai mata uang sebelumnya atau dengan kata lain Turki melakukan sanering (pemotongan nilai mata uang). Namun, kebijakan pemerintah ini tidak terlalu mengganggu perekonomian bangsa Turki karena masyarakatnya tidak tergantung dengan bangsa lain, bahkan di beberapa negara Eropa, pengusaha Turki menguasai perdagangan setempat. Dari sini dapat diambil gambaran mengenai besarnya pengaruh inovasi individu untuk mencapai kemandirian bangsa secara keseluruhan. Kemajuan suatu bangsa merupakan akumulasi dari kemajuan individu-individu di bangsa tersebut dan kemajuan individu salah satunya ditentukan oleh inovasi yang dihasilkan oleh individu tersebut.

Bagaimana peran inovasi untuk mengatasi setiap hambatan demi mencapai tujuan ?
Perubahan mindset, itulah kuncinya. Dalam memandang suatu permasalahan kadangkala pola pikir kita lah yang menyebabkan suatu hal yang kecil bisa menjadi masalah yang besar atau bahkan dengan pola pikir yang terlalu sempit kita menyangka bahwa masalah yang ada bisa menjadi penghambat terwujudnya tujuan kita. Gambarannya kira-kira seperti ini, dulu orang menyangka bahwa jarak merupakan hambatan yang sangat besar dalam melakukan komunikasi langsung dua arah, namun setelah penemuan telefon oleh Graham Bell, komunikasi makin lancar dan terus berkembang sampai saat ini. Lalu dimana inovasi mengambil peran dalam merubah mindset seseorang terhadap suatu masalah yang dapat merintangi pencapaian tujuan ? Peran inovasi sendiri merupakan kelanjutan dari proses berpikir kreatif yang pelaksanaannya adalah kemampuan untuk memandang suatu hal dari berbagai sudut pandang yang berbeda, sudut pandang yang lebih luas. Dengan kemampuan untuk mempraktekkan proses berpikir kreatif, maka selanjutnya inovasilah yang mengambil peran lebih. Dengan berbagai sudut pandang yang diperoleh, maka tinggal bagaimana kita menyikapi, membuat keputusan yang terbaik, membuat sebuah inovasi. Contohnya adalah pada saat sebuah negara akan memutuskan akan melakukan program nuklir untuk energi atau tidak, negara tersebut harus melihat dari berbagai segi semisal dari segi keamanan dan kemampuan negara tersebut, tidak hanya melulu berpikir mengenai keuntungan energi yang bisa diperoleh. Inovasi disini mengambil peran dalam menentukan cara terbaik dalam mengolah suatu uranium sehingga nantinya mampu memberikan hasil yang maksimal serta keamanan yang prima dengan modal yang terbatas. Kembali pada pencapaian tujuan, sebenarnya dalam proses mencapai tujuan itu yang terpenting adalah ikhtiar yang maksimal dari seseorang, sedangkan hasilnya (berhasil atau tidak) merupakan efek samping dari usaha pencapaian tujuan tersebut. Dalam proses pemaksimalan ikhtiar tersebut, inovasi menempati posisi yang cukup strategis seperti yang telah saya utarakan sebelumnya.

Author:

Hanya seseorang ... Yang selalu berharap ... Untuk bisa terus memperbaiki diri ... Memperbaiki orang lain ... dan memperbaiki bangsa ini ...

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s