Posted in curhat, leadership, renungan

Resolusi di Tahun Baru (2008)

Semangat baru di tahun yang baru. Yes … it is the main theme of this post. Tahun 2007 telah usai berlalu dengan berbagai catatan, entah itu catatan buruk, catatan baik ataupun catatan biasa saja. BTW, none of them meaningless, semua telah menjadi pelajaran yg sangat berarti utk menatap 2008 dan 2000-2000 yg laen.

Malam ini, 31 Desember 2007, tetap sama dengan tahun-tahun sebelumnya, gk ada pesta tahun baru ataupun acara-acara khusus, tetap dengan refleksi, renungan dan (yg udah sering terjadi) resolusi untuk tahun depan dan seterusnya. Besok adalah tahun 2008, kalo kata orang bahwa “Jika hari esok lebih buruk/sama saja dengan hari ini/kemaren, maka kita termasuk orang-orang yang rugi/celaka”, nah lho … kalo satu hari aja udah rugi, gimana kalo setahun, 356xrugi dong … So, kita nggak mau kan kalo rugi berkal-kali lipat, maka dari itu, mari kita tekadkan utk tidak rugi atau dengan kata lain, mari kita niatkan agar tahun depan menjadi lebih baik daripada tahun ini.

Bagaimana agar tahun depan lebih baik daripada tahun ini? Salah satunya adalah dengan cara merubah diri kita menjadi lebih baik, yg paling mudah adalah mengubah karakter-karakter jelek yg kita miliki menjadi karakter-karakter baik, ya itulah yg ingin saya lakukan sekarang, saya ingin membuat resolusi mengenai karakter/sifat/perilaku/kebiasaan yg ingin saya miliki/kuatkan mulai tahun tgl 1 januari 2008. Berikut adalah karakter-karakter yg ingin saya bangun/kuatkan :

  1. Jujur (Honest)
  2. Berani (Brave)
  3. Berpikiran POsitif (Positive thinking)
  4. Disiplin (Discipline)
  5. Bersahabat (Friendly)
  6. Bersemangat (Active)
  7. Daya Tahan Kuat (Endure)
  8. Berpikiran terbuka (Open Minded)
  9. Percaya Diri (Confident)
  10. Profesional
  11. Pekerja Keras (Hard Working)
  12. Konsentrasi (Focus)
  13. Bersih diri,pakaian, lingkungan (Higienis)
  14. Rapi (Tidy)
  15. Good Management
  16. Sehat (Healthy)
  17. Peduli (Care)
  18. Integrity
  19. Optimis

Sementara itu dulu yang ada di kepala saya. Memang pembentukan karakter itu tidak bisa dilakukan dalam sekejap, namun memerlukan proses yang cukup panjang dan memelahkan. Nah, disinilah keistiqomahan kita diuji. Akan terlihat orang yang benar-benar berniat untuk merubah diri dengan yang hanya main-main saja.

Kiranya sahabat yang mengetahui niat saya ini dan mendapati dalam perjalanannya terdapat sesuatu yg melenceng dari Resolusi ini, harap mengingatkan saya. Sesungguhnya memang perubahan ini tidak untuk diri kita sendiri, namun dalam rangka meraih Indonesia yang lebih baik dan bermartabat serta yang mendapatkan rahmat dari Allah SWT.

Author:

Hanya seseorang ... Yang selalu berharap ... Untuk bisa terus memperbaiki diri ... Memperbaiki orang lain ... dan memperbaiki bangsa ini ...

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s