Posted in curhat, prestasi

Prestasi Pertama … Alhamdulillah

Alhamdulillah …

Hanya itu yang mampu saya ucapkan ketika prestasi itu akhirnya datang.

Ya … akhirnya telur itu pecah juga (quote by zaki) …

Telur bernama prestasi yang saya kejar2 selama 1,5 tahun ini, semenjak saya masuk PPSDMS, akhirnya pecah juga. Memang sih … bukan prestasi yg mencengangkan … tapi cukup membuat saya termotivasi lagi dan merasa “masih pantas” tinggal di asrama PPSDMS … memang prestasi apa sih ?

Bikin cerpen …

Gk engineer bgt kan?

Emang engineer gk boleh bikin cerpen ya?

Andrea Hirata aja ekonom …

masak engineer gk boleh?

Alhamdulillah, kemaren liat ada pengumuman lomba PBT (Pekan Baca Tulis) ITB, lombanya ada 2 macam, lomba cerpen dan opini. Niat awalnya sih mau ikut yg lomba opini, cz udh terbiasa bikin opini tiap bulan selama 18 bulan. Tapi setelah dipikir-pikir, kayaknya anak2 ITB bakalan lebih tertarik ngikutin yg lomba opini daripada cerpen. Nah, disitu ilmu probstat (probabilitas dan statistik) saya keluar. Hipotesis sedikitnya jumlah peserta lomba cerpen menggiring pada kesimpulan bahwa pesaing di lomba ini pasti lebih sedikit, maka saya juga harus ikut lomba cerpen.

Akhirnya saya putuskan buat bikin 3. Lho kok 3, bukannya lombanya cuma ada 2?

Ya, 1 utk opini dan 2 utk cerpen

Saya putuskan utk membuat secara paralel. 3-3nya saya kerjakan berbarengan. Pertimbangan saya adalah utk menghindari kejenuhan. Utk opini tidak perlu dibahas aja ya, karena ternyata opini gk saya lanjutin pengerjaannya. Udah terlalu jenuh bikin opini kali. Opini menjadi bahan pertama yg akhirnya saya tinggalkan. Nah, tinggal 2 cerpen nih. Nggak tau knapa, saat itu ide selalu ada aja di kepala. Sehingga muncul 2 judul, yang pertama akademi bayangkara dan yang kedua yang menang itu. Akademi bayangkara bercerita tentang sebuah akademi yg mendidik calon2 prajurit bayangkara, prajurit elite majapahit. Saya ingin menghubungkan akademi tersebut dengan ITB, almamater saya. Pembuatan cerpen pertama ini terinspirasi oleh novel berjudul ‘Gajah Mada’ karangan Langit Kresna Hariadi. Cerpen pertama ini pun akhirnya terbengkalai di tengah jalan.

Nah, tentang cerpen kedua. Cerpen ini mengambil setting waktu tahun 2100 sedangkan setting tempatnya di negeri antah berantah yg saya kaitkan hampir persis dengan Indonesia. Tema yang saya angkat adalah nasionalisme. Ide dasarnya adalah banyaknya isu yg bertebaran mengenai keadaan bumi, keadaan global, keadaan Indonesia di masa depan. Nah, saya ingin memberikan gambaran di cerpen ini, bagaimana jika nantinya isu itu terwujud menjadi kenyataan. Jadi mungkin untuk bahan cerpennya udah ada di internet, koran, TV dan lain2, tugas saya hanyalah membuat alur dan mendramatisirnya. Udah deh, akhirnya cerpen itu bisa jadi dalam waktu 3 hari.

Sebenarnya saya gk terlalu menaruh harapan banyak terhadap novel itu. Udah masuk 10 besar aja sudah lumayan, apalagi buat dapat hadiah, juara 1 lagi, bener2 gk kebayang.

Yah … udah lah … daripada ntar tambah narsis … dicukupkan aja sampai disini …

Kalo mau tau cerpennya kayak gimana, bilang aja lwt comment disini, ntar saya kirim lewat mail …

Sekian, terima kasih …

Author:

Hanya seseorang ... Yang selalu berharap ... Untuk bisa terus memperbaiki diri ... Memperbaiki orang lain ... dan memperbaiki bangsa ini ...

8 thoughts on “Prestasi Pertama … Alhamdulillah

  1. @ salman
    ceritanya gini man : saya liat, saya bikin, saya kumpulin, menang deh …
    Just too simple bro …

    @mas_adhi
    salam kenal jg akh …
    makasih udah berkunjung …

    @rizasaputra
    ini mau saya ikutin lomba lg za’ …
    syaratnya blm pernah dpublikasikan lwt media …

  2. ehm.. bang yanuar.. boleh dong minta cerpennya buat baca2.. tolong kirim ke random_area@yahoo.com ya..

    O,iya.. hadiahnya udah dapet blm?
    udah sekian lama, saya kok blm dikabarin lagi ya.. (btw saya juga salah satu pemenang pbt..hehe)

    “boleh2, secepatnya akan saya kirim, hadiahnya dijanjikan minggu ini sama ketua panitianya, tunggu aja mas. Btw, ini seniro ardha ya?”

Leave a Reply

