Posted in Peradaban

Ekonomi Dunia dan Indonesia akhir-akhir ini

Wuih … udah lama gak ngeblog judulnya langsung berat …

Secara, saya bukan orang yang mempunyai keahlian di bidang ekonomi namun sedikit banyak memiliki minat dalam bidang ekonomi makro …

Suatu hal yang menjadi topik hangat pada diskusi-diskusi di sekeliling kita adalah mengenai krisis ekonomi dunia. Hal ini jauh lebih ramai daripada krisis ekonomi yang telah terjadi di Indonesia media 98-an lalu. Mengapa saya sebut demikian? Alasannya jelas, krisis ini telah menimpa berbagai negara di belahan dunia tidak hanya negara yang memiliki ‘tradisi krisis’ saja melainkan juga negara-negara yan dikenal kuat secara ekonomi. Kejadian ini mungkin akan mengingatkan kita pada kejadian The Great Depression yang pernah terjadi pada tahun 20-an, tepatnya saya lupa, suatu peristiwa yang tidak pernah dilupakan oleh masyarakat Amerika yang katanya saat itu hingga menyebabkan angka pengangguran di AS mencapai 33%.

Krisis yang terjadi pada negara-negara Asia pada tahun 98 lalu sebenarnya lebih disebabkan oleh ketidaksiapan pemerintah dalam menanggulangi efek besar dari sistem ekonomi moneter global yang mengacu ke Amerika selain disebabkan oleh ‘permainan sengaja’ dari makelar saham kelas kakap dari Amerika. Pada krisis 98 lalu, Amerika dengan IMF dan World Bank-nya bisa dengan jumawa berlagak sebagai pahlawan – walau sebenarnya justru menjadi perampok-, namun kini mereka tidak bisa seperti itu malahan dari merekalah sumber dari krisis ekonomi dunia ini terjadi. Bukan salah Amerika seluruhnya sih sebenarnya, kesalahan negara-negara yang mau-maunya menganut sistem ekonomi rapuh yang ditawarkan amerika.

Awal Krisis Ekonomi Dunia 2008

Krisis yang mengancam dunia ini berasal dari kegagalan pengembalian kredit (baca:kredit macet) massal di Amerika utamanya kredit perumahan.  Hal ini menyebabkan beberapa perusahaan investasi besar macam Lehman Brothers mengalami kerugian massal dan akhirnya gulung tikar. Perusahaan investasi yang gulung tikar akhirnya tidak bisa mengembalikan utang ke bank. Bank disini sebagai pengumpul dana dari para nasabah untuk dijadikan sebagai sumber investasi. Nah, dengan adanya kegagalan kredit dari perusahaan investasi, otomatis uang yang dikembalikan ke bank tidak sesuai dengan jumlah yang dipinjam atau bahkan tidak dikembalikan uangnya sama sekali namun dikembalikan dalam bentuk aset misalnya dalam bentuk rumah. Bank sendiri bukanlah lembaga yang mempunyai ko0mpetensi dalam bidang penjualan aset-aset sehingga kemungkinannya ada dua : yang pertama bank menjual aset-aset itu dengan harga yang tidak semestinya (lebih murah tentunya) dan yang kedua aset-aset tersebut tidak terjual. Nah hal ini berarti bank tidak mempunyai aset cair (mis:uang) untuk dikembalikan ke nasabahnya. Hal ini menyebabkan kepercayaan nasabah terhadap bank menjadi menurun dan memutuskan untuk mengambil tabungannya ramai-ramai. Bank akhirnya tidak mempunyai jumlah uang yang cukup untuk berinvastasi lagi ke lembaga-lembaga yang bergerak di sektor riil sehingga lembaga-lembaga tersebut  kehilangan kemampuan untuk menggerakkan usahanya lagi, hal ini yang menyebabkan saham perusahaan-perusahaan tersebut anjlok bahkan sampai menyebabkan kerugian perusahaan tersebut. Nah, keterkaitan antara satu perusahaan dengan perusahaan lain, kemudian dengan bank lain kemudian dengan negara lain sangat lah erat, hal ini menyebabkan krisis terjadi tidak pada satu wilayah saja namun menyebar ke wilayah yang lain. Hal ini yang saya sebut sebagai efek besar dari Sistem Ekonomi Kapitalis. Ketika sang penguasa lumpuh, maka lumpuhlah semuanya.

Bersambung dulu ya …. Capek nulis ….

Author:

Hanya seseorang ... Yang selalu berharap ... Untuk bisa terus memperbaiki diri ... Memperbaiki orang lain ... dan memperbaiki bangsa ini ...

4 thoughts on “Ekonomi Dunia dan Indonesia akhir-akhir ini

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s