Posted in Peradaban

Hukum Ciptaan Manusia Tidak Pernah Sempurna

Aneh memang, di satu sisi sedikit banyak saya sudah merasa jemu dengan isi berita yang melulu tentang KPK-Polisi-Anggodo-Tim8 namun di sisi lain rasa penasaran saya tentang siapa yang benar dan siapa yang salah selalu saja menuntun tangan saya yang memegang remote TV untuk mencari berita tentang itu. Semakin banyak input yang saya dapat semakin bingunglah saya, dan semakin penasaran pula.

Saya memang bukan orang hukum, dan saya pun tidak pernah mau sekolah di hukum maupun dihukum, namun rasa kemanusiaan saya merasakan bahwa pak bibit dan pak candra adalah orang2 baik yang menjadi korban. Btw, tetap saja mereka salah dan harus diproses secara hukum. Berbagai kejanggalan terutama dikeluarkan oleh Polri namun tetap saja mereka tidak bisa salah secara hukum (lagi2 hukum).

Suatu logika yang aneh ketika seseorang yang sudah mengaku memberi uang (suap) tidak ditangkap dan dijadikan tersangka sedangkan yang belum pasti menerima, dijadikan tersangka.

Ada yang bilang bahwa tim 8 yg ditugaskan untuk membantu menyelesaikan masalah ini merupakan tim yang bisa merusak tatanan hukum. Ini juga tidak ngerti saya, padahal dalam tim tersebut terdapat orang2 yang jagoan hukum. Kalo toh tim 8 merusak tatanan hukum, harusnya orang2 itu tidak mau menjadi anggota tim 8.

Lantas siapa yang mau disalahkan dengan kesemrawutan ini? Apakah anggota DPR yang buat undang2? atau pelaksana undang2? toh mereka semua sama, manusia, walaupun tidak ada niat untuk melakukan kesalahan, namun kemungkinan mereka melakukan kesalahan tetap saja ada. Dan parahnya, ada saja pihak2 yang memanfaatkan sisi kemanusiaan mereka demi urusan perut, bukan mengisi perut tapi menggembungkan perut (ini tidak ada hubungannya dengan anggodo yang perutnya memang gembung)

Mau tidak mau ini adalah konsekuensi logis dari konsensus tak tertulis kita untuk membuat dan melaksanakan sendiri hukum bukan melaksanakan hukum yang sudah pasti benar dari Allah swt yang tertulis dalam Al-Qur’an dan As-Sunnah.

Ntahlah, saya berbicara seperti ini seakan-akan sudah melaksanakan hukum Allah swt, padahal sangat jauh dari apa yang diharapkan.

Semoga saja bapak-bapak yang mengusut terhadap polemik negeri ini diberi petunjuk oleh Allah swt. Amiin

Author:

Hanya seseorang ... Yang selalu berharap ... Untuk bisa terus memperbaiki diri ... Memperbaiki orang lain ... dan memperbaiki bangsa ini ...

3 thoughts on “Hukum Ciptaan Manusia Tidak Pernah Sempurna

  1. ternyata…, sampai sekarangpun juga masi rumit…
    ntahlah, hanya Allah yang Mahatahu.
    manusia gak ada yang sempurna. tapi ketidaksempurnaannya itu sering jadi alasan untuk membela diri dalam berbagai kekhilafan yang uda dilakukan.

Leave a Reply

