Posted in Uncategorized

Teknologi MPLS

MPLS merupakan salah satu terobosan terbaru dalam dunia komunikasi data. Sebelumnya, jika kita akan mengelola suatu jaringan yang besar (WAN/Wide Area Network), maka dibutuhkan pengalamatan yang melibatkan layer 3 (layer network) dalam OSI layer. Untuk itu ada alamat IP yang merupakan alamat dari network yang akan dituju oleh suatu paket. Alamat IP ini akan dibaca oleh masing-masing node (dalam hal ini router) yang akan dilalui oleh paket tersebut. Setelah itu tergantung oleh algoritma routing yang digunakan oleh node tersebut untuk memforward paket-paket yang mampir ke node tersebut hingga sampai pada alamat tujuan.

Pengecekan alamat IP dengan membongkar layer 3 ini memerlukan waktu tertentu (diakumulasi waktu berdasarkan jumlah node).

Hal ini berbeda dengan pengalamatan yang digunakan pada LAN (local area network) dimana cukup membongkar layer 2 saja (data link) sehingga mempercepat pengiriman paket.

Teknologi MPLS terletak pada layer 2.5 dimana pada jaringan WAN, tidak perlu membongkar sampai dengan layer 3 (IP address) namun cukup dengan melihat label yang disisipkan pada paket.

Mendekati ATM dan Frame Relay

ATM dan Frame Relay merupakan transmisi paket yang connection oriented dimana harus ada handshake dulu antara point ke point sehingga disepakati jalur yang akan dilewati paket. Berbeda dengan teknologi IP dimana digunakan mekanisme routing untuk menforward paket melewati port tertentu. Dengan menggunakan MPLS, maka akan ada semacam VC (virtual circuit) karena label yang ditempelkan akan memberi perintah kemana paket akan diforward sehingga seolah-olah akan bersifat connection oriented padahal tidak.

(for a while, no question please,still learning)

Author:

Hanya seseorang ... Yang selalu berharap ... Untuk bisa terus memperbaiki diri ... Memperbaiki orang lain ... dan memperbaiki bangsa ini ...

4 thoughts on “Teknologi MPLS

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s