Posted in Elektro, telekomunikasi

HAPS untuk Mitigasi?

Masih berkaitan dengan tugas akhir saya.

Beberapa jam yang lalu saya mengagendakan untuk berkonsultasi kepada dosen pembimbing TA saya untuk lebih menspesifikkan topik yang saya ambil. Sebelum menghadap beliau, saya telah mempersiapkan beberapa judul yang mungkin bisa dipertimbangkan.

Judul-judul tersebut adalah :

1. Uji performansi LTE menggunakan HAPS

2. Alternatif penggunaan HAPS sebagai jaringan cadangan terestrial di Kota Bandung.

Sengaja saya utarakan dulu ide yang pertama kepada beliau karena ide yang pertama saya pesimis untuk diterima karena sudah banyak yang meneliti, kurang spesifik dan … pokoknya pesimis aja deh. Eh ternyata benar, tanggapan dari beliau kurang antusias. Maka dari itu, gk usah dibahas aja kali ye di tulisan ini (tapi buat yang pengen dialog, penulis terbuka untuk saling berbagi berkaitan dengan topik yang pertama).

Judul yang kedua. Saya sebenarnya optimis dengan judul yang kedua ini mengingat masih sedikit yang membahas dan cukup spesifik walaupun konsekuensinya saya harus bekerja lebih keras untuk mencari referensi. Namun disini agak terjadi sedikit misunderstanding. Kesalahpahaman itu terletak pada pembukaan yang saya utarakan pada dosen pembimbing mengenai ide saya tersebut. Saya memberikan penjelasan mengenai sebuah paper yang pernah saya baca disini. Lalu saya ibaratkan seandainya Kota Bandung terkena musibah bencana alam dan infrastruktur terestrial telekomunikasi yang ada luluh lantak, maka HAPS bisa dijadikan sebagai alternatif untuk mengganti infrastruktur telekomunikasi yang rusak tersebut. Jadi point yang ingin saya hadirkan adalah jika saja tidak ada infrastruktur telekomunikasi terestrial, maka HAPSĀ  dengan mudah dan cepat mampu menggantikannya. Hal tersebut sudah saya perjelas dengan keinginan untuk membandingkan performansi kinerja (penerimaan sinyal telekomunikasi) suatu sistem pada suatu tempat di Bandung sebelum bencana (berarti ketika sistem terestrial masih mantab) dan setelah bencana (setelah digantikan oleh HAPS)

Namun ternyata dosen pembimbing saya tersebut lebih tertarik melihat sisi kegunaan HAPS pada mitigasi bencanya, seperti bagaimana HAPS bisa memberikan citra wilayah yang terkena bencana, yang sebelumnya biasa dilakukan oleh satelit. Hal ini memerlukan pengetahuan mengenai image processing (dimana saya benar2 nol dalam bidang itu) dan sudah pasti melenceng dari keinginan saya semula walaupun dosen saya ini sangat setuju dengan ide saya tersebut dan meminta saya untuk fokus di situ.

Memang disinilah pentingnya komunikasi dan kekuatannya.

Yah … saya memilih untuk mempertahankan keinginan saya semula. Semoga menjadi yang terbaik dan diberkahi Allah SWT.

Oh iya, berarti target buat dapet judul minggu ini hampir tercapai … Alhamdulillah … Ganbatte …

Advertisements
Posted in Elektro, telekomunikasi

High Altitude Platform Station (HAPS)

Itulah topik TA yang akhirnya saya pilih …

Agak berat juga mengingat sebelum dosen pembimbing saya mengajukan topik ini, saya belum pernah mendengar sama sekali yang namanya HAPS ini. Pas pertama kali mendengar, saya kira yang dimaksud adalah Hub (alat untuk penyambung LAN) hehe … sama sih pronunciation-nya.

Apa itu HAPS? Continue reading “High Altitude Platform Station (HAPS)”

Posted in Elektro, telekomunikasi

Tugas Akhir

Mulai lah pengerjaan Tugas Akhir …

Sebenarnya sudah sejak semester yang telah lalu menghubungi salah seorang dosen (Pak Iskandar) untuk meminta topik tugas akhir dan disarankan oleh seorang teman untuk mengambil topik radio trunking ke beliau…Namun karena memang dasarnya saya agak males ditambah dengan belum ngambil kuliah TA1 dan seminar, maka saya agak kurang memprioritaskan pengerjaan tugas akhir.

Baru setelah liburan semester 1 2008/2009 kemaren saya mulai memikirkannya di rumah dan di kosan, saya baca-baca tentang buku radio trunking (Tetra)…dan akhirnya lama-kelamaan saya kok kurang tertarik dengan topik ini karena menurut saya topik ini nggak up2date…

Trus saya inget2 lagi dan alhamdulillah keinget kalo P.Iskandar juga menawarkan beberapa topik yang lain yaitu tentang High Altitude Platform Station (HAPS), Milimeter WiveBand, dan satu lagi kalo gk salah telemetry.

Akhirnya setelah saya timbang2 dengan berat sekitar beberapa kilogram (hehe..) akhirnya topik tentang HAPS lah yang beruntung saya pilih (wueks …. mutah) …

Target saya tugas akhir ini akan selesai tidak lebih dari 4 bulan … walaupun terlihat sulit namun bukan berarti mustahil kan? Kuncinya adalah kerja keras dan fokus (wueks … omong tok) …

Ada apa tentang HAPS? Tunggu artikel selanjutnya …

See U …